Kutil

Veruka atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kutil merupakan pertumbuhan kulit jinak yang berukuran kecil. Kutil bisa tumbuh pada siapapun, baik pria maupun wanita. Kutil juga dapat berkembang pada segala usia, tetapi yang paling sering tumbuh pada anak-anak dan jarang ditemukan pada orang dewasa.

Kutil pada kulit sangat mudah untuk menyebar dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain, tetapi kutil ini tidak selalu menular kepada orang lain. Namun, kutil dengan jenis genitalis atau kutil yang tumbuh pada alat kelamin, bisa ditularkan kepada orang lain.

Gambar Kutil Pada Tangan

Kebanyakan dari kutil tidak membahayakan dan sebagian besar jenis kutil yang ditemukan tidak akan berubah menjadi kanker yang ganas. Hanya beberapa jenis kutil tertentu yang jarang ditemukan dan sebagiannya mampu menginfeksi rahim, leher rahim (serviks) dan penis, yang terkadang dapat menjadi ganas.

Penyebab Kutil

Kutil disebabkan oleh salah satu dari 60 jenis Virus Papilloma Manusia atau Human Papilloma Virus (HPV)

Gejala

Bentuk dan ukuran kutil akan bergantung kepada virus yang menjadi penyebabnya dan lokasi dimana kutil itu tumbuh. Sebagian kutil tidak menimbulkan rasa sakit dan nyeri, sedangkan sebagian kutil yang lainnya menyebabkan nyeri karena mengiritasi saraf.

Ada beberapa kutil yang tumbuh secara sendiri dan terpisah, sebagian lagi tumbuh secara bersama-sama dan membentuk suatu kelompok (kutil mosaik).

Jenis-Jenis Kutil

1. Kutil Biasa atau Veruka Vulgaris

Kutil biasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

- Permukaan kasar
- Bentuknya bundar dan tidak beraturan
- Warna keabu-abuan, kuning, atau coklat
- Garis tengah kurang dar 1 cm
- Tumbuh pada bagian tubuh yang sering mengalami cedera, seperti di tangan, sekitar kuku (kutil periungual), lutut, wajah, serta kulit kepala

Veruka vulgaris ini dapat menyebar dan berkembang ke bagian tubuh lainnya, namun tidak akan berubah menjadi kanker ganas.

2. Veruka Plantaris

Kutil ini tumbuh pada daerah telapak kaki. Karena mengalami penekanan sebagai akibat dari seringnya berjalan maka bentuk dari kutil ini biasanya mendatar dan dikelilingi oleh kulit yang tebal. Veruka plantaris ini sangat berbeda dengan kapalan, karena kutil ini jika disayat dengan menggunakan pisau bedah, cenderung akan mengalami perdarahan berupa bintik-bintik kecil.

3. Veruka Filiformis

Veruka filiformis ini merupakan kutil yang bentuknya memanjang, dan biasanya tumbuh ada kelopak mata, wajah, leher atau bibir.

4. Kutil Genitalis atau Kondiloma Akuminata

Kutil genitalis merupakan kutil yang tumbuh pada daerah kemaluan. Kutil ini bersifat lembab, dan virusnya ditularkan melalui hubungan seksual.

5. Kutil Datar

Kutil ini sering ditemukan tumbuh pada anak-anak dan orang dewasa muda, biasanya tumbuh dalam suatu kelompok bintik-bintik halus berwarna kuning-coklat di wajah.


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kutil and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kutil

  1. yunzil Hadi says:

    Dear Bapak.

    Saya sering mendapat kutil ini, terutama di tangan. dan bener kenyataannya sulit sekali di conkel apa lagi dia tdk berserabut. dulu kalao berserabut kita sering kasih kapu supaya kriting dan gampang di cabut. tapi saat yg saya derita sekarang sdh gak kriting, sebb sy pakai plester kutil produk ini, memang effective dari pada pakae pisau, cuma sama saya… akarnya tidak bisa hilang. dan lama2 menebal kembali. nah ini kan jd lebih sulit ketimbang dibiarin kriting lalu dicabut. saat in halus, cuma tebel lagi . tiap di kasih obat halus lagi.. Coba dong bgmn caranya agar hilang sama akarnya. cara penggunaannya?? saya punya ide.. sehabus melepuh setelah di kasih obat kutil ini saya mau kasih kapur sirih campur sabun wing colek.. biar mampus sekalian bisa gak Pakkk. please deh.. saya takut dia menyebar. dulu besarnya kecil sekali sekrg sudah 1 cm diameternya. membekas dan menebal kembali. atao saya operasi saja?? bisa gak pak?? dimana??

  2. yunzil Hadi says:

    maaf kurang lengkap. posisi kutil ini di punggung telapak tangan kanan, kan gak lucu kalo megang mouse computer, nampak nian. Malu nih ye.. heheheh.. ya emang malu pak. dan nama kuti ini kayanya seperti yang bapak tulis; VERUKA Plantaris. saya yakin obat kutil bapak dapat membantu, cuma kok gak mampus sampai keakar akarnya pak??? please lagi dah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>